Jumat
Tips Mengatur Waktu
Berikut ada tips-tips mengatur waktu biar gak kecolongan:
1. Rencanakan dengan membuat jadwal atau timetable harian atau mingguan atau bulanan yang realistik.
2. Disiplin.
3. Berkomitmen.
4. Evaluasi setiap minggu atau bulan.
5. Kalau memang tidak bisa dipenuhi, jangan segan2 untuk mengganti jadwal tersebut dengan jadwal baru yang bisa kamu penuhi.
Tidak ada aturan baku mengenai cara membuat jadwal yang baik dan benar, setiap orang mempunyai cara yang berbeda, yang terpenting adalah cara tersebut menjawab kebutuhan kita dalam mengatur waktu yang baik. Jadwal dapat kita buat secara harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan, semuanya tergantung dengan kebutuhan kita.
Untuk membantu kita membuat jadwal yang baik, ada prinsip 4S+1P (Serius Santai Senang Simple + Prioritas) yang dapat kita gunakan. Lakukanlah dengan serius, karena ini berkaitan dengan waktu dalam hidup kita yang tidak dapat pernah kita ulang kembali. Lakukanlah dengan santai, jangan membuat jadwal yang terlalu ketat, selalu beri ruang dalam jadwal kita untuk hal-hal yang tidak terduga.
Jadwal hanyalah sebuah alat bantu, sebuah patokan, dan bukan segala-galanya. Jangan menjadi stress atau tertekan ketika kita tidak dapat melakukan semua kegiatan di dalam jadwal dengan baik. Selalu evaluasi diri dan jangan berhenti untuk belajar mengatur waktu kita dengan baik. Tidak ada seorang pun yang dapat dengan sempurna melakukan manajemen waktunya dengan baik untuk itu teruslah belajar dan jangan menyerah dalam mengatur waktu.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar